Peluang Partnership Kantor Agen Properti PINrumah.com

Mengapa bisnis agen properti?

Pada umumnya para pembeli rumah menggunakan sumber informasi yang berbeda dalam mencari rumah untuk dibeli.

Berikut ini adalah hasil dari sebuah survei yang dilakukan terhadap pembeli:

Keterangan:
36 % pembeli memperoleh informasi dari agen properti; 36% dari Internet; 12% dari papan tanda dijual; 6% dari teman atau relasi, 5% dari kontraktor; 2% dari iklan, koran & majalah; 2% langsung dari penjual, dan kurang dari 1% dari majalah khusus properti dijual.

Bisnis Agen Komisi Besar

Komisi untuk sebuah transaksi penjualan properti minimal sebesar 2%. Misalnya jika transaksi sebuah rumah sebesar Rp 1 Milyar, maka komisi yang diterima Agen adalah sekitar Rp 20,000,000,- (gross).
 
Properti merupakan kebutuhan dasar manusia yang selalu dibutuhkan dan akan terus berkembang. Itu sebabnya rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang perlu dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut setiap tahunnya, khususnya di Jakarta, banyak rumah baru yang dibangun dengan bentuk dan harga yang bervariasi. Selama ada pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan akan mengakibatkan bertambahnya pendatang baru ke kota-kota besar.

Sektor properti selalu bertumbuh dari waktu ke waktu. Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini, pada umumnya menjadi semakin besar dan mengembangkan sayap bisnisnya ke skala nasional bahkan internasional. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk terjun ke sektor bisnis Agen Properti, meskipun pada akhirnya tidak sedikit yang gulung tikar.

Mengapa demikian? Memang diakui, bahwa menjadi Agen Properti akan memberikan keuntungan (profit margin) yang cukup tinggi, bahkan hingga tak terbatas. Namun bagi mereka yang masih baru perlu berhati-hati karena usaha Agen Properti ini memiliki potensi resiko kegagalan sehubungan dengan beberapa alasan berikut:

  • Modal yang terlalu besar (susah mencapai BEP)
  • Biaya operasional terlalu besar
  • Apakah pilihan rumah yang dijual cukup banyak
  • Bagaimana mencari faktor kali (Agen) dengan biaya serendah mungkin?
  • Bagaimana mendapatkan pilihan rumah-rumah yang sellable?

Cara yang terbaik adalah dengan membeli waralaba (franchise) dari usaha Agen Properti (franchisor) yang sudah terbukti terpercaya dengan alasan berikut:

  • Memperkecil resiko kegagalan usaha dengan dukungan manajemen produksi, pelayanan, dan pemasaran yang telah teruji;
  • Menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk proses trial and errors

Apa itu PINrumah.com?

PINrumah.com adalah sebuah perusahaan properti yang memberikan pelayanan terpadu bagi masyarakat. Dimulai pada tahun 2008, hingga sekarang telah memiliki jaringan 150 Agen di seluruh Jakarta.

Ditunjang dengan sistem dan prosedur jenjang karir yang menarik, sistem partnership untuk tumbuh bersama, PINrumah.com siap untuk berkembang dengan cepat.

Sehubungan dengan banyaknya permintaan, PINrumah.com membuka peluang bisnis bagi para mitra bisnis yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ini dengan sistem partnership.
Dengan memanfaatkan merek dagang kami yang akan dikembangkan secara terus menerus, Anda berkesempatan untuk meraih sukses sebagai mitra bisnis kami.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa terdapat sekitar 40 juta pengusaha di Indonesia. Mayoritas dari pengusaha tersebut yaitu sebesar 90% adalah pengusaha kecil.

Sebagai salah satu pelaku ekonomi di Indonesia, ternyata kelompok usaha kecil tersebut mampu bertahan di masa-masa krisis. Bahkan, banyak diantara mereka yang justru mampu mengembangkan usahanya di tengah krisis multidimensial yang berlangsung sejak tahun 1998. Sejumlah pengamat ekonomi di tanah air juga menyatakan bahwa para pengusaha kecil tersebut memiliki peran besar dalam membawa Indonesia terhindar dari keterpurukan ekonomi karena ketahanan (resistensi) mereka dalam menghadapi gelombang krisis yang tiada henti.

Para pengusaha kecil ini mampu bertahan disebabkan oleh 2 faktor utama yaitu skala usaha dan permodalan yang kecil. Kedua faktor ini membuat mereka lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan pasar. Selain itu, bidang usaha yang dijalani para pengusaha kecil ini bersentuhan langsung dengan kebutuhan primer masyarakat misalnya industri bahan kebutuhan pokok masyarakat pada umumnya yaitu sandang, pangan, papan dan hiburan.

Potensi Pasar Terbesar adalah :
Ibukota propinsi: Medan, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Pangkalpinang, Bengkulu, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Serang,  Bandung, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya, Manado, Gorontalo, Kendari, Palu, Kupang  Makassar, Kupang,  Mataram, Denpasar

Keunggulan Partnership PINrumah.com

Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Partner bebas mengatur jam kerja mereka sendiri, dengan kesempatan untuk mendapatkan income tak terbatas yang sejalan dengan produktivitas tim.

Anda Tidak Seorang Diri

Ketika kita menjalankan bisnis atau proyek kita sendiri, terkadang kita kehilangan fokus, motivasi serta minat dalam suatu proyek karena beban pekerjaan yang tinggi. Semuanya terasa sulit atau terlalu banyak yang harus dilakukan, sehingga kita merasa kewalahan, stress, energi terkuras, dan menjadi kurang efektif dalam mendorong bisnis kita. Bahkan pada suatu waktu kita dapat benar-benar menyerah.

Salah satu cara untuk mengatasi itu semua adalah dengan memiliki dukungan dari orang lain, dari komunitas dimana kita tidak sendirian menjalaninya.

Investasi Sekecil Mungkin, Resiko Serendah Mungkin, Profit Sebesar Mungkin

Partner tidak perlu membayar Franchise Fee, Commitment Fee dan sebagainya. Dengan efisiensi biaya, over-head bulanan seminimal mungkin, satu transaksi saja, misalnya 3% komisi dari Rp1.000.000.000,- sebagai Partner, Anda akan menerima minimum sebesar Rp11.000.000,-.

Mudah Dijalankan

Pinrumah.com tidak mengharuskan Partner berpengalaman dalam menjalankan bisnis properti atau Agen Properti. Mengoperasikan kantor menjadi mudah karena dukungan Sistem Operasional yang akan dikembangkan terus menerus. Partner akan mendapatkan 1 set SOP sebagai panduan menjalankan usaha mulai dari penerimaan tamu sampai dengan panduan marketing untuk Para Agen. Partner hanya perlu mengikuti instruksi-instruksi sederhana yang terdapat dalam SOP

Pelatihan yang Komprehensif

Kami menyediakan pelatihan intensif tentang pengetahuan properti, berbagai aspek bisnis, termasuk penjualan & motivasi untuk Agen. Pelatihan dilakukan secara intensif bertahap dengan pembekalan teori dan praktek. Materi training dibuat untuk memberi kompetensi Para Agen untuk dapat menghadapi klien yang tidak mau menggunakan Agen, mencari listing secara kuantitas & kualitas, komunikasi, service excellence, dan kerja sama tim.

Dukungan Ketika Memulai

Kami menyediakan layanan tambahan untuk set-up kantor mulai dari pembelian alat-alat, sampai kepada rekrutmen. Granarindo akan membantu untuk melakukan survey lokasi usaha dan melakukan uji kelayakan kesuksesan dari rencana lokasi tersebut. Penyusunan lay-out, fit-out, pembuatan furniture, dan perlengkapan lainnya juga akan dibantu oleh Kantor Pusat Granarindo. Selain itu, Anda akan memperoleh bantuan dalam hal Grand opening strategy, persiapan, dan pelaksanaannya.

Dukungan Terus-Menerus

Kami memberikan tuntunan baik yang bersifat teknis marketing, pelaksanaan lapangan, mengatasi problem dengan Tenaga Agen Penjual, dan peningkatan motivasi karyawan.

Berbagi Pengalaman

Sebagai bagian dari Keluarga Besar dari Pinrumah.com, para Partner akan bertemu rutin setiap bulan, bertukar pengalaman, berbagi pemikiran, ide, pendapat, dan informasi. Membawa kemampuan masing-masing, latar belakang, pengalaman, dan semua orang belajar dari perspektif orang lain.

Iklan dan Promosi

Ditengah persaingan yang ketat, iklan sangat penting untuk kelanggengan bisnis. Namun biaya yang tinggi dapat dipikul bersama dengan para Partner Pinrumah.com. Advertising, Promotion & Public Relation akan terus dilakukan untuk menarik customer datang untuk bertransaksi pada tingkat nasional melalui iklan, press release, radio ekspos, kegiatan/event, seminar dll. Bekerja sama dengan pihak-pihak dalam negeri maupun luar negeri dalam networking di bidang properti baik dengan Developer maupun Perusahaan agen yang lain.

One Step Ahead

Sistem komputerisasi managemen listing, perhitungan komisi Agen, dan hal lain yang berhubungan dengan administrasi untuk mempermudah sistem kontrol. Riset dan Pengembangan akan dilakukan terus untuk mendukung penjualan dan layanan pelanggan menjadi Lebih Cepat, Lebih Murah dan Lebih efisien.

Prasyarat Calon Managing Partner (MP)

  1. Memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi terhadap perusahaan.
  2. Memiliki semangat kewirausahaan dan keinginan kuat untuk berhasil.
  3. Bersedia mencurahkan sepenuhnya tenaga, pikiran dan waktunya untuk kegiatan operasional kantor.
  4. Berdomisili dekat dengan lokasi kantor.
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), pribadi yang menarik, ramah, terbuka dan mudah bergaul.
  6. Memiliki dukungan finansial yang cukup.
  7. Mengisi Formulir Aplikasi Calon Managing Partner dilengkapi:
    1. Daftar Riwayat hidup pemohon (curriculum vitae);
    2. Akte pendirian dan profil perusahaan (bagi usaha berbadan hukum);
    3. Fotokopi KTP;
    4. Fotokopi ijazah/sertifikat pendidikan formal maupun non-formal;
    5. 2 lembar pasfoto (4x6).
  8. Mempunyai tempat untuk kantor yang cocok untuk Agen properti, diutamakan berupa bangunan di jalan utama.
  9. Menyediakan kelengkapan kerja seperti meja kursi, telepon, fax, computer, alat tulis kantor sesuai persyaratan .
  10. Menyediakan Office Manager untuk mengikuti pelatihan.
  11. Menandatangani Perjanjian Partnership.
  12. Partner harus tidak sedang menjalankan bisnis yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan Pinrumah.com. Untuk itu, Partner harus menyatakan bisnis yang sedang dijalankannya.
  13. Bersedia membuat perjanjian bahwa tidak bertransaksi tanpa melapor kepada Kantor Pusat.
  14. Bersedia untuk tidak melakukan bisnis yang sama dengan Pinrumah.com setelah masa kerjasama berakhir.
  15. Bersedia membayar 10% Royalti atas setiap Komisi Kotor atas Transaksi Penjualan dengan minimal Rp2,000,000 tiap bulan.
  16. Bersedia membayar deposit berupa 12 (duabelas) bulan dari minimal bulanan royalty dimuka. Deposit dikembalikan, jika Royalti minimum bulanan telah lunas dibayar.
  17. Agar eye-catching, kantor diWAJIBkan untuk menggunakan tampilan luar yang sama dengan semua kantor cabang, seperti Neonbox, logo, kartu nama, façade kantor, interior kantor.

5 Langkah Menuju Kantor Agen Properti Anda

1. PENGAJUAN

Calon Managing Partner

  1. Mengisi formulir pengajuan Kantor Cabang (MP).
  2. Mengirimkan foto lokasi (tampak depan, dalam, samping kanan kiri dan lingkungan sekitar- lebar jalan).
  3. Mengajukan calon Marketing Director dan Office Manager atau orang yang akan mengelola dan bertanggung jawab dalam operasional kantor.
  4. Pihak Pinrumah.com akan melakukan survey lokasi dan calon Partner berkesempatan untuk menjelaskan tentang prospek lokasi tersebut.
  5. Pinrumah.com melakukan interview dengan calon yang disebut dalam poin c.

Survey lokasi di luar kota Jakarta dikenakan biaya akomodasi dan penginapan diluar tiket pesawat.

2. PERSETUJUAN

Pinrumah.com akan mengirimkan surat balasan pengajuan calon Partner, apakah disetujui, atau ada keterangan lain yang diperlukan. Jika disetujui, Pinrumah.com akan mengajukan Draft Perjanjian dalam bentuk MOU, yang berisi poin-poin Partnership.

3. PERJANJIAN

Penanda-tanganan MOU, pembayaran deposit, disertai time-schedule persiapan dan target pembukaan kantor.

4. PERSIAPAN

Calon Partner melengkapi sarana dan prasarana operasional. Layout, design sesuai dengan ketentuan Kantor Pusat.

Pembayaran uang investasi untuk biaya renovasi dan perlengkapan toko sesuai dengan perincian yang telah diberikan.

Laporan pertanggung jawaban atas penggunaan uang investasi akan diserahkan maksimal 1 bulan setelah kantor resmi dibuka.

Rekrutmen dan wawancara team pelaksana.

Pinrumah.com memberikan training untuk team pelaksana.

Persiapan marketing promo – pembuatan brosur, x banner, spanduk, vertical banner, dan sebagainya.

5. PERESMIAN KANTOR

Peresmian Kantor Cabang – opening strategy, press release, promo program adalah 1-2 bulan setelah penandatanganan Surat Perjanjian Partnership.

Perkiraan Anggaran

Masa Berlaku: 5 tahun
Perkiraan Anggaran :

Perkiraan ini akan dihitung ulang sesuai jumlah tenaga Agen. Perkiraan ini berdasarkan start-up di kantor yang sudah beroperasi pada tahun 2009, dan bisa berubah dari waktu ke waktu sejalan dengan kenaikan harga-harga barang tiap tahun.

SkalaKondisiJumlah AgenBiaya start-upRenovasiLokasi
Kecil40-60 m210 org72 jutaRenovasi minim, bahkan mungkin tidak perluKios, ruko perumahan di jalan utama
Sedang60-80 m2s/d 30 org122 jutaInterior ruang sesuai yang telah ditetapkanRuko, perumahan di jalan utama
Besar150 m2s/d 50 org187 jutaInterior ruang sesuai yang telah ditetapkanRuko, perumahan di jalan utama
UtamaDi atas 200 m2Di atas 100 org315.7 jutaInterior ruang sesuai yang telah ditetapkanRuko, perumahan di jalan utama. Perkantoran

Rincian Modal Awal

FREE Franchise Fee
Start-up Cost
Deposit 12 bulanRp. 24,000,000*
Neonsign & iklanRp. 10,000,000
Acara PeresmianRp. 3,000,000
Meja kursiRp. 15,000,000
KomputerRp. 7,000,000
Display,ATKRp. 3,500,000
PABXRp. 4,000,000
ACRp. 5,500,000
TotalRp. 72,000,000

Asumsi Profit (Kantor dengan MA 10-20 orang)

Asumsi Pendapatan
1 transaksi rumah Rp. 1,000,000,000 x 3%
= Rp. 30,000,000 / 2 (MA & MP)-biaya2
Rp. 11,400,000
Asumsi Pengeluaran bulanan
Gaji stafRp. 3,000,000
TM/AdmRp. 1,500,000
OB+KurirRp. 1,500,000
Biaya telponRp. 500,000
Listrik & airRp. 1,000,000
IklanRp. 500,000
Royalti minimumRp. 2,000,000
TotalRp. 7,000,000
Asumsi LabaRp. 4,400,000

Asumsi Profit (Kantor dengan MA 20-30 orang)

Asumsi Pendapatan
1 transaksi rumah dgn net listing Rp. 100,000,000
= Rp 100,000,000 / 2 (MA & MP)-biaya2
Rp. 37,000,000
Asumsi Pengeluaran bulanan
Gaji stafRp. 5,000,000
ManagerRp. 2,000,000
TM/AdmRp. 1,500,000
OB+KurirRp. 1,500,000
Biaya telponRp. 2.000,000
Listrik & airRp. 1,000,000
IklanRp. 500,000
Royalti minimumRp. 2,000,000
TotalRp. 10,500,000
Asumsi LabaRp. 26,500,000

Contact person : JENNY 0817 49 22 700

Terakhir diperbaharui tanggal 15 Juni 2016

Daftar (Gratis)
Login
 
Email:
Password:

dengan akun Facebook anda
Lupa password anda?